Pengenalan Komputer #2: SEJARAH KOMPUTER


Cikal bakal komputer ini ditemukan oleh seorang pakar matematik yang bernama Charles Babbage pada tahun 1822.

Assalamu'alaikum ...

Hai sobat, setelah dipostingan yang lalu kita membahas tentang Pengertian Komputer, maka pada postingan kali ini kita belajar bersama untuk mengetahui sejarah lahirnya tekhnologi canggih yang bernama komputer.


Cikal bakal komputer merupakan mesin hitung yang dahulu disebut komputer (buka pengertian komputer yang artinya menghitung, jadi dahulu hanya alat hitung biasa). Cikal bakal komputer ini ditemukan oleh seorang pakar matematik yang bernama Charles Babbage pada tahun 1822. Dari alat inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh berbagai pihak sampai menjadi komputer canggih seperti yang kita kenal saat ini. 

Dalam perkembangannya juga sampai saat ini tercatat komputer dibagi kedalam 5 generasi. Nah dari penelitian-penelitian dari generasi pertama sampai generasi kelima inilah akhirnya komputer yang awalnya hanya mesin hitung menjadi sebuah prangkat canggih yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.



Pada postingan tentang sejarah komputer, saya tidak akan terlalu rinci, karena sejarah komputer telah banyak diterangkan oleh para ilmuan, dan kamu sendiri akan gampang menemuinya disitus-situs lain, namun saya hanya menjelaskan secara singkat, agar kita sedikit banyaknya tahu dengan sejarah alat canggih yang bernama komputer. 

1. Generasi Pertama



Pada generasi ini komputer memakai banyak sekali tabung hampa dengan ukuran yang sangat besar hingga memenuhi satu ruangan, namun walaupun komputer ini sangat besar ternyata hanya bisa menyimpan data yang sedikit. komputer ini diberi nama ENIAC (Electronic Numerikal Itegrator and Computer). oleh karena kekurangannya dalam penyimpanan data yang hanya mampu sedikit sekali maka lahirlah komputer generasi 2.

2. Generasi Kedua
Pada generasi kedua penggunaan tabung hampa pada komputer digantikan dengan transistor sehingga lebih menghemat tempat dan juga daya. Dari segi ukuran komputer generasi kedua ini lebih kecil hanya selebar ukuran sebuah meja kerja dan dapat lebih banyak menyimpan data. Sejak generasi kedua ini juga bermunculan beberapa bahasa pemprograman seperti COBOL, ALGOL dan FOTRAN. Komputer ini biasa dikenal dengan nama UNIVAV (Universal Aotomatic Computer).

3. Generasi Ketiga

Ketika ditemukannya IC oleh insinyur asal Texas yang bernama Jack Kilby pada tahun 1958, Keberadaan transistor pada generasi komputer kedua diganti dengan IC. pada generasi ini juga lahir microprocessor pertama yaitu intel 4004 pada tahun 1971.

4. Generasi Keempat

Tahun 1980 adalah tahun munculnya komputer generasi keempat yang ditandai dengan munculnya Large Scale Integration atau biasa disebut LSI, dimana ini merupakan pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip. kemudian LSI terberkembang hingga lahillah VLSI (Very Large Scale Integration).

5. Generasi kelima

Generasi kelima adalah komputer masa depan saat ini sedang terus dikembangkan dan inilah generasi yang sedang kita lalui. Meskipun belum ada proyek nyata, konsep komputer generasi ke-5 memiliki kecerdasan buatan sehingga komputer akan memiliki nalar seperti manusia, dan bisa terus belajar dari pengalaman.


Nah dari penjelasan diatas tentang perjalanan generasi demi generasi komputer tersebut ternyata memberi kita pelajaran bahwa dahulu komputer itu bentuknya sangat besar bahkan sampai satu ruangan dengan hanya mampu menyimpan data yang sangat kecil, tidak seperti zaman sekarang komputer hanya seukuran sebuah kotak bahkan laptop itu lebih tipis dari pada buku yang tebal, dan dapat menyimpan data sangat besar.

Kita tidak tahu mungkin dimasa depan, komputer itu lebih tipis lagi dan dapat lebih besar menyimpan datanya. namun demikian hal yang paling utama adalah harus digunakan dengan bijak, karena jika komputer digunakan untuk membuat kerusakan, secanggih apapun komputernya tetap tidak ada gunanya.


--------------------------------------------------------------------------------------- 
Untuk membangun website ini saya harap kamu juga mengunjungi :

https://web.facebook.com/siswandikinsa29
Please Follow Me

https://www.youtube.com/channel/UC2RLrlcKA5xSZjebszbhx6w
Please Subcribe Me

Mohon Untuk Meninggalkan Kritik, Saran, Serta Tanggapan Anda DiKomentar.

0 comments: